Api yang Tak Padam Bag2

Api yang Tak Padam ala autotrade gold – Hal sederhana seperti mengangkat telepon pun bisa menyulitkan bagi mereka pada smartphone yang tak punya tombol home. Untuk itu, mereka membantu memecahkan berbagai permasalahan TI untuk rekan-rekannya lewat forum di Facebook. “Smartphone yang ngga punya tombol home, kita mesti cari-cari sendiri di Playstore gimana biar angkat telepon mudah. Misalnya diaktifkan fitur goyang. Jadi kita bisa rekomendasikan,” jelas Mariana.

Nah, untuk lebih mengenalkan smartphone bagi para tunet lain, mereka sempat mengadakan pelatihan keliling untuk rekan-rekan di daerah. Saat itu daerah yang mereka kunjungi Malang, Yogyakarta, Temanggung, dan Cimahi. “Pengenalan gadget, waktu itu masih peralihan dari Symbian ke Android. Karena Symbian sudah ngga dikembangin lagi, ada beberapa aplikasi yang ngga bisa kita akses lagi. Makanya kita kenalkan dengan Android. Waktu di Yogyakarta kitakerjasama dengan Universitas Sanatadharma, lumayan yang ikutan waktu itu sampai 60 orang,” jelas Mariana.

“Sekarang kita belum bisa keliling-keliling lagi, soalnya dana terbatas. Kan kita masih swadaya, jadi pakai uang sendiri. Nunggu uangnya ada dulu baru keliling lagi,” tambah Aris menyesalkan. Komputer yang Berbicara Sementara untuk PC, mereka juga mengandalkan screen reader khusus. Sesuai namanya, screen reader inilah yang akan membacakan isi layar kepada tunet. Bagi yang sudah terbiasa, mereka bisa memasang kecepatan bunyi screen reader yang sangat cepat, sehingga tidak terdengar jelas oleh kita.

Selain sebagai user kita juga pengennya sebagai creator,” tambah pria yang sempat didapuk sebagai peserta terbaik dalam program pelatihan komputer tingkat advance untuk tunanetra di Malaysia. Pelatihan tersebut di selenggarakan oleh Japan Braille Library (JBL). Tahun ini, Aris bahkan diundang JBL untuk menjadi mentor di acara yang sama yang akan diadakan di Penang, Malaysia. Mereka pun berhasil berkarya dengan bantuan teknologi, mulai dari bermusik hingga game. “Tunet (tuna netra) juga bermusik dengan teknologi, misal keyboard dicolok ke komputer. Musik digital sekarang tunet juga bisa kerjakan. Dulu manual pegang alat musik satu-satu. Sekarang bisa cuma pake PC,” tambah Mariana.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *