Terpukau Media Layar, Bikin Konsentrasi Kacau Bag2

Kalau sudah begitu saya mengalah. Toh, yang ditonton fi lm kartun. Lagi pula saya bisa mengerjakan pekerjaan lain seperti beres-beres rumah.” Sharing dari Mama Lina agak unik. Sadam (4) awalnya sangat menyukai kartun kereta api Thomas & Friends.

Baca juga : Kerja di Jerman

“Saya rutin membelikan DVD fi lm Thomas & Friends sejak usianya 1 tahun. Hingga suatu hari, ketika ayahnya memegang gadget dan mengajak Sadam menonton fi lm Thomas melalui Youtube, sejak hari itu setiap bangun tidur hingga tidur lagi Sadam lebih banyak menghabiskan waktu menonton Thomas melalui Youtube dan mulai meninggalkan DVD. Jika Sadam malas makan, saya berusaha untuk menyuapinya, namun bila usaha saya gagal mau tidak mau saya memberikan gadget dan akhirnya Sadam mau makan,” ceritanya.

Media layar memang sekilas dapat menjadi solusi untuk membuat anak “terfokus” sehingga memberi waktu Mama untuk melakukan aktivitas lain. Tapi tahukah Mama, penelitian menunjukkan bahwa terpapar media layar (teve dan gadget lainnya) dalam jangka waktu lama untuk anak usia dini dapat berdampak buruk pada atensi dan kognitifnya. PENTINGNYA ATENSI Apa itu atensi? Atensi adalah sebuah proses mengambil informasi sekaligus membuang informasi pada saat terjadinya suatu.

Simpelnya, atensi adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian pada suatu kejadian sekaligus mengabaikan hal lain yang bukan menjadi pusat perhatiannya. Bayangkan Mama sedang berjalan pulang berdua si kecil dan mengobrol tentang kegiatan yang baru saja dilaluinya di sekolah. Si kecil tetap fokus pada obrolan, walaupun ada suara orang mobil berseliweran. Itulah atensi. Si kecil hanya mengambil “bahan obrolan” sebagai pusat perhatiannya dan mengabaikan suara-suara lain di sekitarnya.

Atensi merupakan sebuah kemampuan kognitif yang penting dan fundamental bagi perkembangan si kecil. Atensi sangat dibutuhkan dalam proses belajar. Ketika si kecil belajar berjalan, dia harus berkonsentrasi pada sesuatu di depannya, adakah yang menghalanginya? Ketika si prasekolah mempelajari perbedaan buaya dan monyet, dia harus memusatkan perhatian pada hal-hal yang menjadi ciri buaya dan monyet.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *