Exhaust Fan Si “Jendela” Listrik Cocok Buat Situs Judi

Exhaust Fan Si “Jendela” Listrik Cocok Buat Situs Judi – Kalau bicara tentang udara di dalam rumah, selama ini kita mengenal beberapa peralatan elektronik seperti kipas angin, AC, dan air purifi er. Lalu, apa beda exhaust fan dengan ketiga peralatan elektronik ini? Budi Kiswanto, Sales Manager PT KDK Indonesia memberi penjelasan seperti ini. Kipas angin itu memutar udara yang ada di dalam ruang. AC, mendinginkan udara di dalam ruang, tapi tidak menyuplai oksigen ke dalam ruang. Sedangkan air purifier, membersihkan udara di dalam ruang dan mengeluarkannya kembali di ruang yang sama dalam bentuk udara yang sudah bersih. Ketiga alat ini hanya “mengolah” udara yang ada di dalam ruang. Yang berbeda dengan exhaust fan adalah, alat ini membantu proses pergantian udara. “Menarik udara dari luar dan membuang udara kotor dan panas yang ada di dalam ruang,” ucap Budi menambahkan.

Exhaust Fan Si “Jendela” Listrik Cocok Buat Situs Judi

Proses ini bisa menurunkan suhu di dalam ruang. “Exhaust fan hanya menurunkan suhu maksimal 2 derajat. Pendinginan ini tentu saja tidak seinstan dan sedrastis yang dilakukan AC (Air Conditioner) yang memiliki evavorator. AC bisa lebih cepat dingin dalam waktu lebih cepat,” ujarnya. Lebih lanjut Budi menambahkan, selain membantu proses pergantian udara, exhaust fan juga meningkatkan kualitas udara di dalam ruang.

Asap dari ruang dapur akibat proses memasak, bau di kamar mandi, asap rokok, dan kelembapan dalam ruang yang kurang pencahayaan dapat diatasi dengan exhaust fan. Bahkan menurut Rawenda, Product Marketing Supervisor, PT Panasonic Gobel Indonesia, bagi pengguna AC, exhaust fan dapat membantu mengontrol dan mengatur sirkulasi udara dan mengalirkan udara AC ke seluruh ruangan dan meningkatkan kenyamanan. Rawenda juga menyatakan bahwa fungsi exhaust fan mirip dengan jendela, hanya saja menggunakan listrik.

Bagaimana Memilihnya?

Budi membagi exhaust fan dalam 2 golongan yaitu home use dan industrial use. Berdasar penggunaannya, ciri exhaust fan home use menurut Budi adalah: air volume atau daya sedotnya tak terlalu besar dan bentuknya secara estetika lebih indah. Ada pula yang membaginya berdasarkan tempat peletakannya yakni wall mounted (dipasang di dinding), dan window mounted (dipasang di jendela), dan ceiling mounted (dipasang di plafon). Jika ingin membeli exhaust fan yang diletakkan di dinding, bagian belakang dinding haruslah area terbuka seperti halaman. Atau bila dipasang di ruang tidur, pastikan ada akses yang besar untuk keluar masuknya udara. Sedangkan untuk pemasangan di jendela, syarat yang harus dipenuhi adalah jendela harus memiliki ketebalan sekitar 3-7mm. Jika tidak, Anda dapat meletakkanya di kusen.

Namun peletakan seperti ini tidak terlalu efektif mendinginkan ruang, karena terlalu dekatnya fan dengan air inlet (udara masuk), sehingga udara dari luar langsung tersedot oleh fan dan tak sempat mendinginkan sisi ruang lainnya. Sementara, exhaust fan jenis ceiling dapat digunakan jika ruangan menempel dengan ruangan lain, atau tidak bersentuhan dengan ruang luar sama sekali. Selain kondisi ruang, volume ruang juga menentukan besar exhaust fan yang akan dipakai (lihat boks: Menghitung Kebutuhan)

Inovasi Produk

Saat ini begitu banyak beredar di pasaran jenis-jenis exhaust fan dari berbagai tipe dan merek. Inovasi pun terus dilakukan oleh beberapa produsen. Hal ini meliputi penggunaan komponen berkualitas, desain, dan penghematan daya (hemat energi). KDK baru-baru ini mengeluarkan produk exhaust fan yang hanya memerlukan daya 6 watt dan aman dinyalakan terus menerus setiap hari (24 jam).

Dengan daya yang hanya 6watt ini, maka konsumen hanya membayar Rp52.000-an untuk penyalaan exhaust fan setahun penuh. Panasonic meningkatkan kualitas beberapa komponen dengan antikarat dan lebih kuat, serta desain louver yang cantik dan elegan dengan variasi warna yang sesuai untuk interior modern. Baik KDK dan Panasonic juga meningkatkan kualitas motor generasi baru yang tidak berisik, dan hemat energi. Inovasi yang dilakukan inipun tentu saja akan berpengaruh pada harga jual di pasar. Saat ini, exhaust fan untuk keperluan rumah tangga dibanderol dari mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun jika dibandingkan manfaatnya yang dapat menyehatkan udara di dalam rumah, harga tentunya tak masalah, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *