Batasi Akses Internet dengan Firewall

Seorang kerabat kesal karena tiba­tiba kuota internetnya habis tanpa sebab. Padahal ia merasa tidak menggunakan internet secara berlebihan. Jika Anda mengalami hal yang sama, jangan salahkan dahulu operatornya. Bisa jadi permasalahan terdapat pada Android Anda. Terkadang kita tidak mengetahui bahwa ada beberapa aplikasi yang secara tersembunyi menggunakan akses internet di Android.

Baca juga : Net89

Dengan alasan itulah, mengapa pengguna Android sangat disarankan untuk memasang firewall. Firewall sendiri secara sederhana merupakan sebuah penghalang keamanan antara perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet, ke akses internet. Tujuannya untuk menyaring semua komunikasi, baik ke dalam atau keluar, sehingga hanya mereka yang berwenang saja yang bisa melakukannya.

Dari sinilah Anda sebagai pengguna bisa membatasi akses internet sehingga tidak ada lagi kejadian seperti contoh kasus diatas. Banyak aplikasi firewall yang tersedia di Google Play Store. Kali ini merekemondasikan dua aplikasi firewall yang penggunaannya cukup mudah, ringan, dan berukuran kecil.

Batasi Akses Internet untuk Perangkat yang belum di root

Untuk perangkat yang belum di root, NoRoot Firewall merupakan pilihan yang bisa Anda coba. Namanya sendiri sudah menegaskan fungsi dan kegunaannya. Aplikasi ini membuat sebuah VPN (Virtual Private Network) lokal di Android, lalu memonitor lalu-lintas data yang keluar masuk, dan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang aktif menggunakan koneksi internet. Jangan khawatir bahwa NOROOT Firewall memiliki akses ke semua data Anda. Fitur VPN yang ada pada perangkat Anda dan tidak ada data yang dikirim ke server eksternal.

Berikut cara pengoperasiannya: • Setelah diunduh dan terpasang, jalankan aplikasi ini. Pada tampilan awal, Anda bisa langsung menekan tombol Start. Anda juga bisa memberi tanda centang pada opsi Auto start on boot jika ingin firewall ini aktif secara otomatis. • Firewall akan menampilkan konfrmasi untuk membuat VPN. Beri tanda centang pada I trust this application, dan tekan OK. • Setelah aktif, Anda bisa mengatur aplikasi yang hendak dibatasi. Pindah ke kategori Pending Access. Kategori ini menampilkan aplikasi yang hendak mengakses internet namun menunggu Anda untuk memperbolehkannya. Pilih Allow jika Anda mengijinkannya dan pilih Deny jika tidak.

  • Beralih ke kategori Apps. Di sini Anda tinggal memberi tanda centang pada aplikasi yang boleh mengakses internet, baik pada pilihan WiFi atau 3G. • Pada kategori Global Filters, Anda bisa menentukan sendiri alamat suatu situs dengan memasukkan Address serta Port yang dimaksud. Tekan OK jika selesai. • Setelah selesai, Anda bisa melihat aktivitas NoRoot Firewall ditampilan notifkasi. Tekan notifkasi itu untuk melihat aktivitasnya. Tekan Disconnect jika ingin mematikan firewall ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *