BlackBerry Z3 Rasa Tiongkok, Tanpa BIS

Sewaktu BB OS 10 mendarat di tanah air, kita semua terhenyak dibuatnya. Bagaimana tidak, harganya sungguh premium. Ini sama saja BlackBerry Corp. hanya peduli orang kaya saja. Padahal, justru saat itu perangkat BB sudah mulai memassal, menyergap pengguna kelas menengah. Bahkan sampai seri Z30 datang, rasanya muskil kita genggam BB seri 10 yang katanya lebih keren. Sekarang, BB lain cerita. Bahkan, sudah saatnya tinggalkan seri OS 7/7.1 yang telah ketinggalan zaman. Ini dia penggantinya: BB Z3!

Baca juga : WA WEB

Desain

“Feel”-nya memang beda sekali dengan Z10 atau Z30. Buat merasa kok kayak menggenggam ponsel Android lokal atau bikinan Tiongkok. Material plastik lebih terasa. Coba ketik dengan kuku Anda ke layar, rasakan bedanya bila dibanding dengan Z30 atau Z10 yang lebih solid. Asal tahu saja, inilah produk pertama BB yang dipabrikasi di Foxconn. Tapi soal selera desain, masih cukup berkesan punya kelas. Apalagi logo BB kelir silver kelihatan catchy di punggung. Logo ini masih kuat menarik simpati rupanya. Penempatan kamera dan LED di ujung atas belakang, juga memberi kesan rapi.

Layar

Memakai TFT kapasitif dengan ukuran layar diagonal 5 inch alias seluas punya Z30 membuat mata Anda tak lekas minus. Bandingkan dengan BB sebelum-sebelumnya. Berpindah ke BB Z3 seperti menikmati suasana baru. Model pengoperasiannya yang swipe bakal jadi hal baru buat pengguna OS 7/7.1. Bahkan sedikit berbeda dengan Android. Tetapi sesungguhnya lebih efektif. Jika ada notifkasi, Anda tinggal menuju menu. Dan, di homescreen bisa Anda tentukan menu atau aplikasi yang sering dipakai.

Kinerja

Salut untuk BlackBerry yang memilih prosesor punya Qualcomm (Snapdragon 400) untuk Z3. Dengan kecepatan komputasi 1,2 GHz serta memori RAM 1,5 GB, membuat bekerja dengan Z3 cukup nyaman. Namun feel swipe-nya terasa jauh lebih nyaman dengan seri OS 10/10.2 lainnya. Tingkat sensiftasnya lebih rendah. Namun masih terbilang responsif. Berkelana dari satu menu ke menu lain juga jauh lebih nyaman. Yang patut diacungi jempol adalah kapasitas baterai yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *